10 September 2021 10:30 am

Sakit Gigi

Kenapa Pemilik Gigi Sensitif Harus Pakai Pasta Gigi Khusus? (Plus Cara Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif)
Kenapa Pemilik Gigi Sensitif Harus Pakai Pasta Gigi Khusus? (Plus Cara Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif)
Kenapa Pemilik Gigi Sensitif Harus Pakai Pasta Gigi Khusus? (Plus Cara Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif)
Tidak semua orang memiliki gigi yang sensitif. Kepala Divisi Health, Wellbeing and Professional Institution Unilever Indonesia Foundation, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc., menyatakan bahwa gigi sensitif biasanya disebabkan oleh adanya dentin (lapisan di bawah email gigi) yang terbuka.“Ada dua penyebab utama dentin terbuka, pertama yaitu resesi atau penurunan gusi yang terjadi karena adanya penyakit gusi dan cara menyikat gigi yang salah ditambah dengan sikat gigi yang tidak tepat. Yang kedua adalah terkikisnya lapisan email karena erosi akibat konsumsi makanan minuman asam,” papar drg. Ratu Mirah saat ditemui dalam acara Dental Expert Forum 2019 di Grha Unilever, BSD, Senin (8/4).Jika resesi gusi dan erosi email terjadi akibat hal-hal diatas, otomatis dentin akan terbuka. Dentin merupakan bagian gigi yang berongga dan terhubung ke saraf-saraf gigi. Rangsangan dari luar yang mengenai dentinlah yang membuat gigi menjadi lebih sensitif.Oleh karena itu, ciri utama gigi sensitif adalah rasa ngilu yang muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa terjadi sementara atau bahkan kronis yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman..
Jangan samakan perawatan gigi yang sensitif dan yang tidak terutama dalam memilih pasta gigi. Usahakan untuk memilih pasta gigi atau odol untuk gigi sensitif. Sebelum membelinya, pastikan produk yang Anda beli mengandung tiga bahan utama berikut yaitu:1. Potassium citrate Potassium citrate (kalium sitrat) merupakan salah satu kandungan penting yang perlu ada dalam pasta gigi untuk gigi sensitif. Ditemui dalam acara yang dipersembahkan oleh Pepsodent ini, drg. Mirah menyatakan bahwa Potassium Citrate mampu meredakan ngilu dalam waktu 30 detik saja.Ion kalium ini bertindak dengan memblokir sinaps diantara sel-sel saraf sehingga mengurangi rangsangan saraf dan nyeri di area tersebut.Pernyataan yang sama juga disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical Periodontology. Dalam penelitian ini disebutkan bahwa kalium sitrat, cetylpyridinium chloride, dan sodium fluoride mampu meredakan hipersensitivitas akibat dentin, plak dan radang gusi.2. Hydroxyapatite Hydroxyapatite merupakan zat yang juga perlu ada dalam pasta gigi atau odol untuk gigi sensitif. Hal ini dikarenakan Hydroxyapatite merupakan komponen utama dalam tulang dan gigi yang sehat.Komponen yang satu ini membantu proses remineralisasi email gigi. Artinya, zat ini mampu mengembalikan mineral gigi yang terlepas atau rusak akibat erosi asam yang menjadi penyebab utama gigi sensitif. Tidak hanya itu saja, zat ini pun juga dapat mengembalikan mineral pada email, gigi Anda akan kembali terlindungi sepenuhnya.3. Zinc citrate Dengan pemakaian yang rutin dan terus menerus, zinc citrate terbukti mampu meredakan penyakit gusi seperti gingivitis atau radang gusi yang gejalanya berupa gusi berdarah. Untuk itu, pastikan bahwa pasta gigi untuk gigi sensitif yang Anda beli juga mengandung zinc citrate.Guna memastikan ketiga bahan ini ada dalam produk yang Anda pilih, bacalah label kemasan sebelum membelinya.Gunakan sikat dengan bulu yang lembut .
Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber:
Blog Post Lainnya
Halaman
Dapatkan Update Promo
Alamat
KLINIK MUSLIMEDIKA TEBET JL. TEBET BARAT I NO. 10 TEBET, JAKARTA SELATAN KLINIK MUSLIMEDIKA BINTARO JL. BINTARO UTAMA 3 NO. 34, PD. BETUNG, KEC. PD. AREN, KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN
+62 811-1713-002
(021) 8295456
muslimedika.healthcare@gmail.com
dibuat denganberdu
@2024 Muslimedika Inc.